PENGGUNAAN MEDIA LOOSE PARTS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS PADA ANAK KELOMPOK B TK TUTWURI HANDAYANI
Abstract
Latar penelitian ini bermula dari kegelisahan peneliti terhadap kurangnya kemampuan
motorik halus peserta didk, serta kurangnya kemampuan pesrta didik dalam menuangkan
ide dan kreativitas mereka tanpa bantuan guru. proses pembelajaran, seperti anak belum bisa
menggerakan jari tangan secara maksimal ketika membuat lingkaran, meniru garis,
menyusun balok, melipat ataupun menggunting. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui
penerapan media loose parts pada anak kelompok B TK TUTWURI HANDAYANI.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan jenis penelitian yang
dikembangkan oleh Kemmis and Taggart. Hasil yang diperoleh dari penelitian tindakan ini
menunjukan bahwa ada peningkatan kemampuan motorik halus peserta didik setelah
menggunakan media loose parts. Hal ini berdasarkan presentase yang didapat oleh peneliti
dari hasil observasi di lapangan. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, dari dua siklus tersebut
terjadi peningkatan sebagai berikut, peningkatakan kemampuan anak dalam motorik halus
pada masing-masing siklus. Pada pra siklus capaian diperoleh Pra siklus persentase 33,3 %,
pada siklus I dengan persentase 75% dan capaian pada Siklus II sebesar 91%.


