PELIBATAN ORANG TUA DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI LEMBAGA TAMAN KANAK-KANAK (Study Kasus Memasak Bubur Asyura Di TK Ashabul Yamin)

  • Evi Yanti 1TK Ashabul Yamin, Aceh Besar
  • Munawar Universitas Bina Bangsa Getempena
Keywords: Pelibatan orang tua, Kurikulum Merdeka Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan menggambarkan tentang pelibatan orang tua dalam implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Lembaga Tk Ashabul Yamin Gampong Banda Safa Kecamatan Kuta Cot Glie Kabupaten Aceh Besar, Study kasus Memasak Bubur Asyura di Tk Ashabul Yamin.  Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan Jenis penelitian Study Kasus. Adapun Subjek penelitian pada kegiatan Study kasus di TK Ashabul Yamin adalah 15 Orang subjek yang terdiri dari 4 orang Guru, 1 Kepala sekolah dan 10 orang tua. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, Observasi dan Dokumentasi. Data yang sudah diperoleh lalu dianalisis dengan menggunakan Model analisis interaktif oleh Miles dan Huberman. Analisis terhadap keabsahan data yang sudah dilakukan oleh peneliti adalah dengan Triangulasi teknik dan Sumber. Dari hasil penelitian menunjukkan hasil adalah : 1) Bentuk pelibatan yang ditemukan didalam program sekolah adalah pelibatan orang Tua dalam program sekolah sebagai Sumber belajar aktif, Memiliki Komitmen dan tanggung Jawab bersama dalam meningkatkan kemampuan pengetahuan, keterampilan dan sikap anak sehingga dapat menerapkan elemen-elemen dari profile pelajar pancasila dalam Kehidupan sehari-hari, membangun komunikasi efekti dengan orang tua serta adanya kolaborasi dengan orang tua murid dengan guru dalam program-program sekolah. Peran orang tua sebagai pendukung dalam dunia pendidikan Anak Usia Dini dalam meningkatkan mutu sekolah. 2) Orang tua sebagai faktor pendukung dalam program-program yang dijalankan di Lembaga Tk Ashabul Yamin sehingga orang tua memiliki rasa kepemilikian terhadap Lembaga Paud, orang tua memiliki kesadaran dan kepedulian terhadap perkembangan anak, serta Peningkatan Mutu pendidikan Anak Usia Dini.

Published
2022-10-31