HUBUNGAN MINAT TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA
Abstract
Belajar adalah aktifitas yang menghasilkan perubahan pada diri individu yang belajar) baik aktual maupun potensial meningkatkan minatnya dalam mengkaji ilmu pengetahuan. Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah bagaimana hubungan minat siswa terhadap prestasi belajar siswa di SD Negeri Perumnas Neuheun. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Data didapatkan melalui observasi, skala dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan siswa SD Negeri Perumnas Neuheun mempunyai minat yang cukup baik pada bidang pembelajaran dan prestasi belajar siswa akan meningkat apabila terdapat minat belajar yang tinggi. SD Negeri Perumnas Neuheun mempunyai minat yang cukup baik pada pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa diperoleh KD sebesar 46,24%, maka diketahui bahwa minat belajar mempengaruhi peningkatan prestasi belajar siswa sebesar 46,24%. berarti ada faktor lain yang mempengaruhi prestasi belajar siswa yaitu sebesar 57,75%. Ha (Hipotesa Alternatif): Adanya korelasi positif yang signifikan antara minat belajar terhadap peningkatan prestasi belajar siswa Ho (Flipotesa Nihil): Tidak adanya korelasi positif yang signifikan antara minat belajar terhadap peningkatan prestasi belajar siswa. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara minat belajar terhadap préstasi belajar siswa.