UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MATERI BATAS DAN FUNGSI WILAYAH NKRI DENGAN PENGGUNAAN METODE DISKUSI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Apakah melalui metode diskusi dapat meningkatkan hasil belajar PKn materi batas dan fungsi wilayah Indonesia siswa kelas V SD Negeri Mon Singet tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini dilakukan selama 3 bulan sejak bulan April sampai dengan Juni 2021 di SD Negeri Mon Singet Kec. Baitussalam. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas 2 siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Mon Singet tahun pelajaran 2021/2022sebanyak 21 siswa. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif komparatif dengan membandingkan kondisi awal dengan hasil-hasil yang dicapai pada setiap siklus, dan analisis deskriptif kualitatif hasil observasi dengan membandingkan hasil observasi dan refleksi pada siklus I dan siklus 2. Melalui metode diskusi pada materi batas dan fungsi wilayah Indonesia siswa kelas V SD Negeri Mon Singet tahun pelajaran 2021/2022. Pada akhir siklus II diketahui telah terjadi peningkatan rata-rata sebesar 10 , yaitu dari rata- rata tes kondisi awal 65 menjadi 75. Sedangkan ketuntasan belajar siswa ada peningkatan sebesar 52,4 %, dari kondisi awal 38,1 % menjadi 90,5 %, dimana yang sudah tuntas hanya 8 siswa pada pra siklus menjadi 19 siswa diakhir siklus II. Dan persentase aktivitas siswa pada siklus I sebesar 61,9 % meningkat menjadi 90,5% pada siklus II, sedangkan persentase kemampuan PBM guru pada siklus I sebesar 67,5 % meningkat menjadi 95 % pada siklus II. Dengan demikian sebagian besar siswa kelas V SD Negeri Mon Singet mengalami peningkatan hasil belajar pada materi batas dan fungsi wilayah Indonesia.