MODEL-MODEL STRATEGI PEMASARAN SEKOLAH/MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MINAT MASYARAKAT
Abstract
Persaingan antar sekolah atau madrasah dalam hal eksistensi dan merebut kepercayaan, minat dan perhatian masyarakat sebagai suatu lembaga penyedia layanan pendidikan terbaik, diperlukan strategi pemasaran sekolah atau madrasah yang efektif, efesien dan menarik, sehingga bisa memenangkan persaingan. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menggali dan mendeskripsikan model-model strategi pemasaran sekolah atau madrasah yang telah diimplementasikan dan dikembangkan di Indonesia. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode analisis isi (content analisis method). Sedangkan hasil penelitian terkait model-model strategi pemasaran sekolah/madrasah dalam meningkatkan minat masyarakat ditemukan beberapa strategi pemasaran, yaitu melalui: 1) delta model, 2) model digital marketing atau model teknologi informasi dan komunikasi, 3) model marketing mix method (Bauran Pemasaran), 4) model tradisional marketing, dan 5) model hubungan masyarakat atau kerjasama atau network marketing.


