STRATEGI PEMBELAJARAN TAHFIZ DENGAN MENGGUNAKAN METODE KAUNY QUANTUM MEMORI DI SDIT HAFIZUL ILMI
Abstract
Pembelajaran Tahfizh menjadi program unggulan di satuan Pendidikan di berbagai level. Namun terdapat beragam masalah dalam proses pelaksanaannya yang berdampak pada mutu Pendidikan khususnya di Aceh Besar. Terdapat asumsi yang menyatakan bahwa metode tradisional mulai kurang efektif dalam pembelajaran tahfidz khususnya dalam mengakomodir gaya belajar anak secara individual apalagi anak-anak yang memiliki kebutuhan khusus (ABK), sehingga hafalan menjadi beban tersendiri bagi anak dan yang akhirnya berdampak pada output lulusan pada pembelajran tahfidz. Adapun tujuan penelitian adalah untuk mengetahui penggunaan metode kauny quantum memory dalam pembelajaran tahfidz di SDIT Hafizul Ilmi dan dampak penggunaan metode kauny quantum memory bagi seluruh siswa termasuk anak inklusi dalam pembelajaran tahfidz Al Quran. Selanjutnya metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif diskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran tahfidz dengan metode kauny quantum memory yang di terapkan di SDIT sangat efektif dan menarik bagi anak anak dimana metode menghafal Al-Qur’an semudh tersenyum dilakukan secara tallaqi yang sesuai dengan kaidah Al-Qur’an dan sunnah disertai makna perkata juga menggunakan isyarat tangan dengan suara lantang yang menggabungkan ketiga gaya belajar anak dan dilakukan secara menyenangkan . Dengan diterapkan metode kauny quantum memory terlihat dampak positif dalam menghafal Al-Qur’an dimana terjadi peningkatan output lulusan termasuk anak anak yang memilki kebutuhan khusus.