STRATEGI PEMBELAJARAN TAHFIZ DENGAN MENGGUNAKAN METODE KAUNY QUANTUM MEMORI DI SDIT HAFIZUL ILMI

  • Artati SD-IT Hafizul Imi
  • Yeni Mutiawati Universitas Bina Bangsa Getempena
  • Hamdi Yusliani Universitas Muhammadiyah Aceh
  • Mardhatillah Universitas Bina Bangsa Getempena
Keywords: Strategi, Pembelajaran Tahfizh, Metode Kauny Quantum Memori

Abstract

Pembelajaran Tahfizh menjadi program unggulan di satuan Pendidikan di berbagai level. Namun terdapat beragam masalah dalam proses pelaksanaannya yang berdampak pada mutu Pendidikan khususnya di Aceh Besar. Terdapat asumsi yang menyatakan bahwa  metode tradisional mulai kurang efektif dalam pembelajaran tahfidz khususnya dalam mengakomodir gaya belajar anak secara individual apalagi anak-anak yang memiliki kebutuhan khusus (ABK), sehingga hafalan menjadi beban tersendiri bagi anak dan yang akhirnya berdampak pada output lulusan pada pembelajran tahfidz. Adapun tujuan penelitian adalah untuk mengetahui penggunaan metode kauny quantum memory dalam pembelajaran tahfidz di SDIT Hafizul Ilmi dan dampak penggunaan metode  kauny quantum memory bagi seluruh siswa termasuk anak inklusi dalam pembelajaran tahfidz Al Quran. Selanjutnya metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode  kualitatif diskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran tahfidz  dengan  metode kauny quantum memory yang di terapkan di SDIT sangat efektif dan menarik bagi anak anak dimana metode  menghafal Al-Qur’an  semudh tersenyum dilakukan secara tallaqi yang sesuai dengan kaidah Al-Qur’an dan sunnah disertai makna perkata  juga menggunakan isyarat tangan dengan suara lantang yang menggabungkan ketiga gaya belajar anak dan dilakukan secara menyenangkan . Dengan diterapkan  metode kauny quantum memory  terlihat dampak positif  dalam menghafal Al-Qur’an dimana terjadi peningkatan output lulusan termasuk anak anak yang memilki kebutuhan khusus.

Published
2022-10-31