PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK TERHADAP KINERJA GURU DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU NURUL FIKRI ACEH
Abstract
Peningkatan kualitas pendidikan dapat dilakukan dengan berbagai upaya,antara lain supervisi kepala sekolah.Tugas utama Kepala Sekolah adalah meningkatan kualitas pendidikan,yaitu salah satunya meningkatkan mutu mengajar guru melalui supervisi akademik. Fenomena yang terjadi, masih ada guru yang mengajar belum profesional,rendahnya kinerja guru terhadap kegiatan pembelajaran,pelaksanaan supervisi yang belum optimal karena kepala sekolah belum melaksanakan pembinaan yang kontinu dan berkesinambungan kepada guru,supervisi tidak dilakukan oleh kepala sekolah,supervisi dilaksanakan satu kali dalam setahun,tanpa disertai umpan balik dan tindak lanjut. Fenomena itulah yang menyebabkan peneliti tertarik untuk mengkaji lebih lanjut tentang : pengaruh supervisi akademik terhadap kinerja guru dengan lokasi penelitian di Sdit Nurul Fikri Aceh. Dengan rumusan penelitian ini :Adakah pengaruh supervisi akademik terhadap kinerja guru ? Jenis penelitian ini kuantitatif,yaitu data yang berbentuk angka.Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara angket. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah adanya pengaruh yang signifikan antara supervisi akademik terhadap kinerja guru dengan hasil uji korelasi didapatkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara supervisi akademik terhadap kinerja guru dengan koefisien pearson correlation sebesar = 0,780 yang berarti hubungan tersebut dinyatakan tinggi. Dari data table product moment untuk n=28 pada taraf signifikan 5% diketahui r tabel = 0,374 dan r hitung = 0,780 sehingga r hitung ≥ r tabel. Dengan tingkatan keeratan pengaruhnya KP = r2 × 100%= 0,7802 × 100%= 60,8%. Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik supervisi akademik maka akan semakin baik pula kinerja gurunya.