PENERAPAN SUPERVISI AKADEMIK UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN ADMINISTRASI PENILAIAN DI SD NEGERI KUTA RENTANG

  • Aidi Husni SD Negeri Kuta Rentang
  • Amrullah SD Negeri Perumnas Neuheun
  • Boyzami SD Negeri Lhok Seumelu
  • Mulia Putra Universitas Bina Bangsa Getempena
Keywords: Supervisi Akademik, Kompetensi Pedagogik

Abstract

Adapun Maksud dan Tujuan dari penelitian tindakan sekolah ini ialah untuk meningkatkan kompetensi pedagogik para  guru SD Negeri Kuta Rentang Kecamatan Seulimeum Kabupaten Aceh Besar pada penyusunan administrasi penilaian dengan cara supervisi akademik.  Penelitian  ini merupakan penelitian tindakan sekolah. Penelitian ini terdapat empat tahapan yang teridiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, serta refleksi. Langkah dalam pengumpulan data dengan menggunakan obeservasi kelas. Instrumen observasi pada penilaian ini menggunakan Instrument penilaian  berupa administrasi proses pembelajaran. Analisisa data yang digunakan adalah analisis deskriptif komparatif. Data kuantitatif di deskripsikan berupa sebuah penjelasan. Lalu dikomparasi data agar dapat diketahui ada dan tidaknya peningkatan kemampuan guru dalam penilaian administrasi pembelajaran. Hasil dari penelitian ini ternayata supervisi akademik sangat membantu meningkatkan kemampuan para guru dalam penyusunan administrasi penilaian  pembelajaran di SD Negeri Kuta Rentang Kecamatan Seulimuem Aceh Besar sebesar 60%.

Published
2022-10-31