UPAYA MENINGKATKAN DISIPLIN GURU DALAM KEHADIRAN MENGAJAR DI KELAS MELALUI PENERAPAN REWARD AND PUNISHMENT DI SD NEGERI LHOK SEUMELU KABUPATEN ACEH BESAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mencari alternatif pemecahan masalah sebagai upaya untuk meningkatkan disiplin waktu kehadiran guru di kelas melalui penerapan reward and punishment di SD Negeri Lhok Seumelu Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus mencakup empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh guru yang berjumlah 19 orang di SD Negeri Lhok Seumelu Kabupaten Aceh Besar Tahun Pelajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi, lembar observasi digunakan untuk mengetahui disiplin guru dalam kehadiran di kelas pada proses belajar mengajar. Data yang terkumpul dianalisis dengan menghitung persentase guru yang hadir dan masuk ke kelas tepat waktu. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan reward and punishment di SD Negeri Lhok Seumelu Kabupaten Aceh Besar efektif meningkatkan disiplin waktu kehadiran guru di kelas pada proses belajar mengajar. Berdasarkan hasil observasi data pada akhir siklus I yaitu 21,05% guru hadir dan masuk ke kelas tepat waktu, kemudian dilanjutkan dengan siklus II dan mendapatkan hasil akhir yaitu 84,21% guru hadir dan masuk ke kelas tepat waktu. Berdasarkan indikator yang telah ditetapkan bahwa keberhasilan tindakan ini adalah minimal 80% guru hadir tepat waktu, maka hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa untuk meningkatkan disiplin guru dalam kehadiran dikelas pada kegiatan belajar mengajar dapat dilakukan dengan penerapan Reward and Punishment kepada guru.